Teori Robert M. Gagne
v
Teori Robert M. Gagne
Pembelajaran menurut Gagne adalah seperangkat proses yang
bersifat internal bagi setiap individu sebagai hasil transformasi rangsangan
yang berasal dari persitiwa eksternal di lingkungan individu yang bersangkutan
(kondisi). Agar kondisi eksternal itu lebih bermakna sebaiknya
diorganisasikan dalam urutan persitiwa pembelajaran (metode atau
perlakuan). Selain itu, dalam usaha mengatur kondisi eksternal dierlukan
berbagai rangsangan yang dapat diterima oleh panca indra, yang dikenal dengan
nama media dan sumber belajar.Pembelajaran menurut Gagne hendaknya mampu menimbulkan persitiwa belajar dan proses kognitif. Peristiwa belajar (instructional events) adalah persitiwa dengan urutan sebagai berikut : menimbulkan minat dan memusatkan perhatian agar peserta didik siap menerima pelajaran, menyampaikan tujuan pembelajaran agar pseerta didik tahu apa yang diharapkan dala pembelajaran itu, mengingat kembali konsep/prinsip yang telah dipelajari sebelumnya yang merupakan prasyarat, menyampaikan materi pembelajaran, memebrikan bimbingan atau pedoman untuk belajar, membangkitkan timbulnya unjuk kerja peserta didik, memberikan umpan balik tentang kebenaran pelaksanaan tugas, mengukur/evaluasi belajar, dan memperkuat referensi dan transfer belajar.
Komentar
Posting Komentar